Suka Duka Mencari Dana ke Bali Malah Mempererat Komunitas Kelas
 /  Artikel / Suka Duka Mencari Dana ke Bali Malah Mempererat Komunitas Kelas

Suka Duka Mencari Dana ke Bali Malah Mempererat Komunitas Kelas

 

Dalam rangka mempererat komunitas kelas, pada tanggal 9-13 April 2018, siswa kelas 11 SMA Kolese Loyola berangkat  Studi Wisata ke Bali bersama wali kelasnya masing-masing.

Hal yang unik dari SMA Kolese Loyola saat melakukan studi wisata ke bali adalah para siswa diwajibkan untuk mencari dana sendiri agar dapat berangkat ke Bali. Selama kurang lebih 8 bulan, siswa kelas 11 berjuang mencari dana. Mulai dari menyisihkan uang saku untuk menambah modal, berjualan snack, menjual tiket bioskop, menjual kaos dengan design yang dibuat sendiri, sampai mengumpulkan pakaian bekas layak pakai untuk “ngawul”, dilakukan oleh mereka sebagai cara untuk membiayai  transportasi dan akomodasi selama di Bali. Tanpa sepeser pun uang dari pihak sekolah maupun tarikan dari orangtua.

“Kalau ada impian kita harus berjuang agar tercapai dengan semangat untuk berani berproses”, ujar Rm. Suharyadi selaku Pamong sekolah.

Alhasil, 9 kelas berangkat dengan tujuan studi wisata yang berbeda di Bali karena menyesuaikan dengan dana yang didapat masing-masing kelas.

“Pengalaman yang mahal harganya. Karena perjuangan yang dirasakan tentunya berbeda saat bersama dengan keluarga. Suka duka mencari uang bersama dengan teman tidak akan pernah bisa dibeli”, tandas Phina, seorang siswa kelas 11. Menurutnya lagi, justru dalam proses berjualan itulah nilai kekeluargaan tercipta karena banyak tantangan dan konflik yang terjadi. Suatu hal yang ingin dicapai tentunya perlu pengorbanan. (yds)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked.*

SMA KOLESE LOYOLA
Jl. Karanganyar No.37 Semarang, Indonesia 50135
Tlp.(024)3546945 – 3548431 Fax (024)3548200
Email: koleseloyola@loyola-smg.sch.id

see maps

NEWSLETTER

FOLLOW US