BIMBINGAN DAN KONSELING
KELAS X |
KELAS XI |
SEMESTER 1 |
SEMESTER 2 |
SEMESTER 1 |
SEMESTER 2 |
Ediana Prima W, Prisca Anindya
(1 JP/Minggu) |
Ediana Prima W , Prisca Anindya
(1 JP/Minggu) |
Ediana Prima, Prisca Anindya, Antonius N, Petrus S
( 1 JP/Minggu) |
Ediana Prima, Prisca Anindya, Antonius N, Petrus S
(1 JP/Minggu) |
KETERHUBUNGAN & KESINAMBUNGAN |
Penyesuaian dan Adaptasi di Lingkungan Sekolah
2 JP |
Keterampilan Hidup
2 JP |
Membangun Diri dengan Sikap Dasar yang Kuat
4 JP |
Mengembangkan Kompetensi Diri Siswa
3 JP |
Who Am I
1 JP |
Mengembangkan Nilai Hidup
2 JP |
Merencanakan Karir 1
2 JP |
Mengembangkan Hidup Rohani
3 JP |
Strategi Belajar
1 JP |
Mengenal Potensi Diri
2 JP |
Mengembangkan Kompetensi Diri
3 JP |
Mengembangkan Komunikasi Antar Pribadi
3 JP |
Mengembangkan Nilai dan Karakter
2 JP |
Eksplorasi Minat dan Bakat 1
1 JP |
Meningkatkan Kepemimpinan Diri
4 JP |
Mengembangkan Sikap Peduli kepada Sesama
4 JP |
Berpikir Kreatif dan Inovatif
2 JP |
Teknik Komunikasi
1 JP |
Menumbuhkan Suara Hati dalam Bertindak
3 JP |
Merencanakan Karir 2
3 JP |
Kesehatan Mental Remaja
2 JP |
Hubungan Interpersonal
2 JP |
|
|
Hubungan Sosial
1 JP |
Manajemen Waktu
1 JP |
|
|
Berpikir Kritis
2 JP |
Berani Mengambil Keputusan
2 JP |
|
|
Kemandirian
1 JP |
Keterbukaan
1 JP |
|
|
Merencanakan Karir
2 JP |
Menghargai Hidup
2 JP |
|
|
Total 16 JP |
Total 16 JP |
Total 16 JP |
Total 16 JP |
Nilai Hidup :
A. 4C (Competence, Conscience, Compassion, and Commitment)
B. Profil Pelajar Pancasila:
- Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME dan Berakhlak Mulia.
- Bernalar Kritis.
- Mandiri.
- Kreatif.
- Bergotong Royong.
- Berkebinekaan Global.
C. Prioritas Penekanan Values pada:
- Motivasi Belajar Tinggi.
- Memiliki Kebiasaan Belajar yang Teratur.
- Terbuka untuk Berkembang dalam Ilmu Pengetahuan.
- Empati: Ikut Merasakan Apa yang Dialami Orang Lain.
- Peka terhadap Perasaan Orang Lain.
- Hormat terhadap Martabat Orang lain.
- Jujur.
- Bersyukur.
- Mau Melayani Orang Lain.
- Magis: Semangat Mewujudkan Sesuatu yang Lebih Baik.
|
Nilai Hidup :
A. 4C (Competence, Conscience, Compassion, and Commitment)
B. Profil Pelajar Pancasila:
- Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME dan Berakhlak Mulia.
- Bernalar Kritis.
- Mandiri.
- Kreatif.
- Bergotong Royong.
- Berkebinekaan Global.
C. Prioritas Penekanan Values pada:
- Berpikir Reflektif: Belajar dari Pengalaman.
- Perseverantia (Tekun, Gigih, dan Kerja Keras).
- Menjaga Keseimbangan antara Waktu Istirahat dan Belajar.
- Disiplin.
- Adil: Menjamin Setiap Orang Mendapat dan Diperlakukan Sesuai dengan Hak.
- Bertanggung jawab dalam Kehidupan Pribadi dan Bersama Orang Lain.
- Berpihak kepada orang yang lemah, miskin, dan menderita.
- Berani Mengambil Keputusan.
- Memahami Diri secara Mendalam.
- Ingenuitas: Inovatif dan Adaptif Menghadapi Perubahan Zaman.
- Mau Melayani Orang Lain.
- Heroik: Nilai Juang Tinggi.
|
Preferensi :
- Menunjukkan Jalan Menuju Allah.
- Berjalan Bersama yang Terkucilkan.
- Penjelajahan Bersama Orang Muda.
|
Preferensi :
- Menunjukkan Jalan Menuju Allah.
- Berjalan Bersama yang Terkucilkan.
- Penjelajahan Bersama Orang Muda.
|
KELAS XII |
SEMESTER 1 |
SEMESTER 2 |
Antonius Novianto, Petrus Sudiyono
(1 JP/Minggu) |
Antonius Novianto, Petrus Sudiyono
(1 JP/Minggu) |
KETERHUBUNGAN & KESINAMBUNGAN |
Kemampuanku (Kemampuan Umum-Khusus, Penelusuran Bakat)
3 JP |
Karir dan Hubungan Antar Manusia
3 JP |
SQ dan Masa Depan
3 JP |
Pekerjaan dan Peluang Karir
3 JP |
Mantap Menuju Masa Depan
2 JP |
Entrepreneurship 1
3 JP |
Pribadi Matang dan Dewasa
3 JP |
Entrepreneurship 2
3 JP |
Karir dan Tipe Kepribadian
3 JP |
|
Dunia Perguruan Tinggi
2 JP |
|
Total 12 JP |
Total 12 JP |
Nilai Hidup :
A. 4C (Competence, Conscience, Compassion, and Commitment)
B. Prioritas Penekanan Values pada:
1. Aktif Memberi Makna pada Pengetahuan yang Diperolehnya.
2. Perseverantia (Tekun, Gigih, dan Kerja Keras).
3. Menjaga Keseimbangan antara Waktu Istirahat dan Belajar.
4. Murah Hati: Melakukan Tindakan Nyata Membantu Orang Lain.
5. Bertanggung Jawab dalam Kehidupan Pribadi dan Bersama Orang Lain.
6. Ingenuitas: Inovatif dan Adaptif Menghadapi Perubahan Zaman.
7. Heroik: Nilai Juang Tinggi.
8. Magis: Semangat Mewujudkan Sesuatu yang Lebih Baik |
Preferensi :
- Menunjukkan Jalan Menuju Allah.
- Berjalan Bersama yang Terkucilkan.
- Penjelajahan Bersama Orang Muda
- Merawat Rumah Kita Bersama
|
Kelas : X
Bidang Studi : Bimbingan Konseling
SEMESTER I
NO. |
MATERI |
SUB MATERI |
1 |
Penyesuaian dan Adaptasi Lingkungan Sekolah |
- Mengenal Guru dan Karyawan
- Memahami dan Menghidupi Budaya Loyola
|
2 |
Who Am I |
- Merumuskan Kekurangan
- Merumuskan Kelebihan
- Merumuskan Potensi Diri
- Merumuskan Peran dalam Keluarga
|
3 |
Strategi Belajar |
- Analisis Kemampuan Belajar
- Mengenal Budaya dan Fasilitas Belajar di Loyola
|
4 |
Mengembangkan Nilai dan Karakter |
- Analisis Nilai dan Karakter (Definisi dan Perbedaan)
- Analisis Nilai 4C yang Perlu Dihidupi
- Merumuskan Karakter Pribadi
|
5 |
Berpikir Kreatif dan Inovatif |
- Membangun Mindset Kreatif Dan Inovatif
- Kegiatan Praktis Dalam Sesi Pembelajaran
|
6 |
Kesehatan Mental Remaja |
- Analisis Kesehatan Mental Remaja
- Strategi Dan Teknik Mengelola Kesehatan Mental
- Membangun Ketahanan Mental
- Mengatasi Stigma Kesehatan Mental
|
7 |
Hubungan Sosial |
- Analisis Hubungan Sosial di Dunia Nyata
- Analisis Hubungan Sosial di Era Digital
- Etika dan Moral dalam Hubungan Sosial
- Refleksi dan Pengembangan Diri dalam Hubungan Sosial
|
8 |
Berpikir Kritis |
- Analisis Berpikir Kritis
- Teknik dan Metode Berpikir Kritis
- Mengkritisi Sumber Informasi
- Aplikasi Berpikir Kritis dalam Kehidupan Sehari-Hari
- Menghadapi Tantangan dalam Berpikir Kritis
- Refleksi dan Evaluasi Diri
|
9 |
Kemandirian |
- Keterampilan Dasar Kemandirian
- Kemandirian dalam Kehidupan Sehari-Hari
- Kemandirian Akademik
- Etika dan Tanggung Jawab Pribadi
|
10 |
Merencanakan Karir |
- Analisis Potensi Diri dan Kesesuaian Karir Dengan Metode SWOT
- Mempersiapkan Diri Menghadapi Penjurusan
|
SEMESTER II
NO. |
MATERI |
SUB MATERI |
1 |
Keterampilan Hidup |
- Keterampilan Komunikasi
- Keterampilan Penyelesaian Masalah
- Keseimbangan Hidup
|
2 |
Mengembangkan Nilai Hidup |
- Analisis Nilai Hidup
- Mengembangkan Nilai Conscience dan Compassion dalam Kehidupan Sehari-Hari
- Integritas dan Kejujuran
- Keterbukaan dan Penerimaan
- Pengembangan Diri
- Konflik dan Resolusi
|
3 |
Mengenali Potensi Diri |
- Analisis Self Assessment
- Identifikasi Tujuan Pribadi
- Pengembangan Keterampilan
- Mengelola Tantangan dan Kegagalan
- Penghargaan Diri dan Pengakuan
|
4 |
Eksplorasi Minat dan Bakat |
- Analisis Pengembangan Keterampilan Diri
- Analisis Pencarian Inspirasi
- Perencanaan Karir Berkelanjutan
|
5 |
Teknik Komunikasi |
- Analisis Komunikasi Verbal
- Analisis Komunikasi Non Verbal
- Analisis Komunikasi Interpersonal dan Intrapersonal
- Analisis Pemberian Dan Penerimaan Umpan Balik
|
6 |
Hubungan Interpersonal |
- Analisis Menghargai Diri Sendiri dan Orang Lain
- Pembangunan Jejak Karir dan Jaringan Sosial
- Keterampilan Kepemimpinan
- Pengelolaan Emosi
|
7 |
Manajemen Waktu |
- Analisis Manajemen Waktu dengan Eisenhower Matrix
- Mengatasi Prokrastinasi
- Pengelolaan Tugas dan Deadline
- Keseimbangan Hidup Dan Kesehatan
|
8 |
Berani Mengambil Keputusan |
- Tahapan dalam Proses Pengambilan Keputusan
- Faktor yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan
- Strategi dan Teknik Untuk Mengambil Keputusan yang Berani
- Mengatasi Ketakutan dan Keraguan
- Pengembangan Kemampuan Pengambilan Keputusan
|
9 |
Keterbukaan |
- Keterbukaan Terhadap Kebudayaan dan Perbedaan
- Keterbukaan dalam Pembelajaran dan Pertumbuhan Pribadi
- Pengelolaan Privasi dan Batasan Pribadi
- Etika dalam Keterbukaan
- Keterbukaan dalam Pendidikan dan Karir
|
10 |
Menghargai Hidup |
- Analisis Penerimaan dan Gratitude
- Menghargai Kesehatan dan Kesejahteraan
- Menghargai Nilai Pendidikan dan Pembelajaran
- Menghargai Kesempatan dan Potensi
- Penghargaan Terhadap Diri Sendiri dan Orang Lain
|
Kelas : XI /A-1, A-2, A-3, & A-4
Bidang Studi : Bimbingan Konseling
SEMESTER I
NO. |
MATERI |
SUB MATERI |
1 |
Mengembangkan Diri dengan Sikap Dasar yang Kuat. |
-
- Asas dan Dasar St. Ignatius Latihan Rohani (LR. 23)
- Sikap Dasar di Kolese Loyola
- The 7 Habits Of Highly Effective Teens
|
2 |
Merencanakan Karir 1. |
- Mengidentifikasi Kemampuan Diri.
- Mempersiapkan Diri di Bidikti 2024
|
3 |
Mengembangkan Kompetensi Diri. |
- Analisis Kemampuan dan Hasil Belajar.
- Memperdalam Pengetahuan.
- Belajar secara Reflektif.
- Motivasi dan Kebiasaan Belajar.
- Terbuka untuk Berkembang.
- Perseverantia.
- Kebugaran Jasmani.
|
4 |
Menumbuhkan Suara Hati dalam Bertindak. |
- Hormat.
- Jujur.
- Keadilan.
- Tanggung Jawab Atas Kehidupan.
|
5 |
Meningkatkan Kepemimpinan Diri. |
- Membangun Kesadaran Diri.
- Mengembangkan Ingenuitas.
- Mengembangkan Cinta Kasih.
- Menumbuhkan Heroisme.
- Belajar Memimpin Berdasar Paradigma 7 Kebiasaan Manusia yang Efektif.
- Kepemimpinan Ignatian.
|
SEMESTER II
NO. |
MATERI |
SUB MATERI |
1 |
Mengembangkan Kompetensi Diri. |
- Analisis Kemampuan dan Hasil Belajar Siswa.
- Membaca Peluang Masuk PT.
|
2 |
Mengembangkan Sikap Peduli dengan Sesama. |
- Empati.
- Membantu Sesama Dengan Kepedulian.
- Perhatian Kepada Sesama yang Kecil, Lemah, Miskin, Tersingkir, dan Difabel.
- Ekskursi Sosial 2025.
|
3 |
Mengembangkan Hidup Rohani. |
- Pribadi yang Reflektif.
- Mengungkapkan Rasa Syukur.
- Mewujudkan Iman dalam Hidup Sehari-Hari.
|
4 |
Merencanakan Karir 2. |
- Memahami Kekhasan Jurusan di Perguruan Tinggi.
- Menyusun Analisa Swot Pilihan Jurusan di PT.
- Memutuskan Pilihan Jurusan di PT Dengan Mantap dan Terencana.
|
Kelas : XII/A-1, A-2, & A-3
Bidang Studi : Bimbingan Konseling
SEMESTER I
NO. |
MATERI |
SUB MATERI |
1 |
Kemampuanku. |
- Kemampuan umum (IQ) dan Kemampuan Khusus (Bakat)
- Penelusuran bakat.
- Analisis SWOT / SOAR.
|
2 |
Social Quotient dan Masa Depan. |
- Emotional Quotient dan Social Quotient
- Integrasi 4 Kecerdasan.
|
3 |
Pribadi Matang dan Dewasa. |
- Mengenal Ciri dan Jenis Kedewasaan.
- Melihat Kedewasaan Diri (Tilik Diri)
|
4 |
Mantap Menuju Masa Depan. |
- Sikap Dasar Menuju Masa Depan.
- Peluang Dan Tantangan Masa Depan
|
5 |
Karir dan Tipe Kepribadian. |
- Tipe Kepribadian dan Pilihan Karir.
- Model Orientasi Pribadi Terhadap Karir.
- Realitas dan Persiapan Karir
|
6 |
Dunia Perguruan Tinggi. |
- Apa Itu Kuliah dan Perbedaan Universitas, Sekolah Tinggi, dan Akademi.
- Perguruan Tinggi dan Sekolah Kedinasan.
- Lembaga Pemeringkatan Universitas.
- Mengenal Dunia Kampus.
|
SEMESTER II
NO. |
MATERI |
SUB MATERI |
1 |
Karir dan Hubungan Antara Manusia. |
- Manusia dan Perkembangan Karir.
- Tantangan Linieritas dan Multidisipliner.
- Realitas Perencanaan Karir.
|
2 |
Pekerjaan dan Peluang Karir. |
- Kopi dan Bisnis Gaul.
- Robotik.
- Akuakultur.
- Fenomena GIG.
|
3 |
Entrepreneurship |
- Latihan Merancang Usaha (Ide dan Kreativitas).
|