“Eksplorasi Budaya Lewat Lukisan Jamu Gendong dengan Mixed Media”

Adi Kriyo Widodo

 

Kegiatan pembelajaran Seni Rupa di Kelas XII Semester pertama ini adalah Melukis dengan Mix Media. Kegiatan pembelajaran ini merupakan kegiatan berkarya seni rupa di kelas XII sebagai tugas akhir di semester satu. Dinamika tugas pertama adalah berkarya sketsa, menggambar ilustrasi tema Fauna Indonesia secara berkelompok, Melukis dengan media cat air dan terakhir menggunakan Mix Media. 

Model pembelajaran yang terapkan adalah PBL. Durasi waktu pengerjakan adalah enam kali pertemuan. Tujuan Pembelajaran ini ialah

  1. Peserta didik mampu memahami konsep mixed media dalam seni rupa.
  2. Peserta didik mampu mengeksplorasi tema “Jamu Gendong” sebagai bagian dari warisan budaya.
  3. Peserta didik mampu menciptakan karya lukisan berbasis mixed media secara mandiri.
  4. Peserta didik mampu mempresentasikan karya seni beserta pesan budaya yang ingin disampaikan.

 

Langkah-Langkah Pembelajaran

A. Tahap Pendahuluan (Orientasi)

 

Motivasi dan Apersepsi

  1. Guru menayangkan video atau gambar tentang tradisi jamu gendong dan sejarahnya.
  2. Diskusi interaktif: Mengapa jamu gendong penting sebagai warisan budaya?
  3. Penjelasan konsep mixed media dalam seni rupa.

Penyampaian Tujuan

  1. Guru menjelaskan proyek yang akan dikerjakan:
  2. Membuat karya lukisan bertema jamu gendong menggunakan mixed media.
  3. Menekankan kebebasan berekspresi dan relevansi budaya.

Pembagian Rubrik Penilaian

Guru memberikan rubrik penilaian yang mencakup:

  1. Kesesuaian Tema
  2. Ide dan konsep karya.
  3. Teknik mixed media.
  4. Kreativitas 

      

B. Tahap Inti

  1. Definisi dan Perencanaan Proyek
    1. Peserta didik melakukan riset singkat (online atau wawancara langsung) tentang tradisi jamu gendong.
    2. Membuat sketsa awal konsep karya yang ingin dibuat.
    3. Menyusun daftar bahan yang akan digunakan (mixed media dapat mencakup kertas, cat akrilik, kain, benang, daun kering, dll.)
  1. Penyelidikan Mandiri dan Eksplorasi Media
    1. Peserta didik mencoba beberapa teknik mixed media, seperti kolase, layering, atau tekstur tambahan.
    2. Guru memberikan pendampingan teknis dan umpan balik selama proses eksplorasi.
  1. Produksi Karya (5xpertemuan)
    1. Peserta didik mulai membuat lukisan berdasarkan sketsa yang telah disetujui.
    2. Guru memfasilitasi sesi kerja dengan musik atau suasana santai untuk meningkatkan kreativitas.
  1. Refleksi dan Perbaikan

Peserta didik melakukan refleksi mandiri atas karyanya 

 

C. Tahap Penutup

  1. Pameran dan Presentasi Karya

     Peserta didik mempresentasikan karyanya di depan kelas, 

     menjelaskan:

  1. Proses kreatif.
  2. Makna dan pesan budaya di balik karyanya.
  3. Kendala dan cara mengatasinya.
  1. Evaluasi dan Umpan Balik
    1. Guru memberikan umpan balik konstruktif berdasarkan rubrik.
    2. Guru mengadakan diskusi kelompok untuk berbagi pengalaman.
  1. Penutup
    1. Guru memberikan penghargaan atas hasil kerja peserta didik.
    2. Diskusi singkat tentang pentingnya menjaga budaya melalui seni

 

3. Media dan Alat yang Digunakan

  1. Alat dan Bahan: Bahan dasar Kanvas Ukuran 40X40, 40X50, 40X60, 50X50, 50X60, 60X60 (pilih salah satu)  Cat akrilik, Cat Minyak, Cat Poster, kain, kertas daur ulang, benang, daun kering, lem, pensil, kuas, dll.
  2. Sumber Inspirasi: Video, artikel, tentang jamu gendong, serta teknik pembuatan